Sabtu, 17 Oktober 2009

LAYANAN PUSH E-MAIL ALTERNATIF, GRATIS!

Terlalu mahal untuk berlangganan blackberry internet Connect (BIC) untuk menikmati fitur push e-mail andalanya. Sudah saat nya kita memilih push e-mail gratis yang telah teruji ketanguhannya.
Demam blackberry saat ini sedang melanda masyarakat Indonesia. Dari mulai kalangan artis yang berlomba-lomba melengkapi gayanya dengan sebuah blackberry, tentu dengan sarung “kondom” nya yang terkenal “ngejreng” seperti warna pink, merah, hujau dan sebagainya.
Sekilas tentang Push E-mail
Pengertian tentang sebutan push e-mail sendiri cukup beragam namun dari beberapa sumber yang penulis dapatkan pengertian push e-mail adalah sebuah sistem e-mail yang memiliki kemampuan “always-on” atau menyala terus. Dimana e-mail yang masuk ke dalam mail server akan langsung diteruskan (pushed) ke e-mail client. Yang dimaksud dengan e-mail client adalah aplikasi e-mail, baik yang ada dalam PDA, smartphone, atau pun yang ada dalam PC.
Push e-mail ini sebenarnya sudah ada sejak dulu untuk koneksi wired menggunakan koneksi internet berbasis kabel yang memang juga sudah ada sejak dulu. Di mana koneksi ini biasanya digunakan untuk PC dan laptop.
Sedangkan push e-mail berbasis wireless memang kali pertama dikenalkan dan digunakan oleh device blackberry, di mana produk ini memadukan antara portable device dan wireless sehingga terciptalah unkapan “ always-on”.
Perangkat yang dibutuhkan
Ada beberapa perangkat yang anda perlukan sebelum anda bisa menggunakan layanan push e-mail tersebut. Diantaranya sebuah perangkat PC atau laptop yang dilengkapi dengan port USB. Perangkat PC atau laptop ini digunakan untuk mendownload dan menginstal aplikasi push e-mail gratis ke dalam PDA atau smartphone. Berikutnya adalah koneksi internet, hal ini karena ada beberapa layanan push e-mail yang mengharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum digunakan meskipun gratis.
Yang paling penting adalah device PDA atau smartphone yang disarankan memiliki sistem operasi ( operating system ) windows mobile, mulai dari windows mobile 5 sampai dengan windows mobile 6. Hal ini karena device yang memiliki OS windows mobile lebih mudah digunakan dari pada Symbian, palm, dan lain lain.
Device PDA atau smartphone minimal memiliki network GPRS. Karena koneksi ini yang akan digunakan untuk layanan push e-mail tersebut. Dan pastikan juga setting GPRS dengan benar dan siap digunakan. Memang cukup banyak aplikasi push e-mail yang bisa digunakan melalui internet, ada yang berbayar da juga yang gratis. Ada yang harus menggunakan server mail dari aplikasi tersebut, ada juga yang bisa menggunakan mail server sendiri. Banyak dan cukup beragam.
Penulis akan membahas 3 aplikasi push e-mail yang saat ini banyak digunakan. Dengan layanan push e-mail gratis ini kita merasa memiliki sebuah blackberry yang cukup mahal.
1. EMOZE
http://www.emoze.com
ini adalah aplikasi push e-mail yang saat ini paling banyak dibicarakan dan kemungkinan juga memiliki rating download yng paling banyak. Emoze bisa digunakan pada PDA atau smartphone dengan sistem operasi windows mobile dan symbian.
Instalasi Emoze bisa dilakukan langsung melalui perangkat yang kita pakai, namun sebelumnya kita download terlebih dahulu ke dalam PC, lalu kemudian melalukan instalasi melalui PC.
Setelah terinstal, kita diharuskan membuat account baru, hal ini biasa terjadi untuk setiap aplikasi push e-mail yang baru di install. Beberapa langkah sebagai berikut :
• Buat new account terlebih dahulu
• Pilih koneksi internet yang akan digunakan dan pastikan sudah melakukan setting GPRS secara benar dan sudah di tes bekerja dangan baik dan benar.
• Untuk username alamat e-mail yang ingin masuk ke dalam device yang sedang digunakan. Sebagai contoh adalah alamat gmail dengan format username@gmail.com misalnya fesbok.adhi@gmail.com
• Setelah memasukkan username, kemudian memasukkan password account e-mail tersebut. Ketika mengetikkan password maka akan berubah menjadi tanda bintang. Misalnya password : adhi30ningrat akan menjadi *************
• Kemudian pada menu connection type. Kita bisa memilih POP3 atau IMAP, tergantung pada apa yang di-support oleh e-mail server. Untuk contoh, Gmail menggunakan connection type IMAP.
• Pada menu incoming server ada dua cara yaitu melawati sever web emoze dan langsung melalui server emoze, di sini kita lakukan setting incoming server ke : gw.emoze.com
• Sama dengan incoming server, outgoing server juga harus di-setting. Karena ini digunakan untuk melakukan send e-mail dari perangkat kita. Untuk yang melalui server emoze setting outgoing server ke gw.wmoze.com kemudian tes send-receive untuk pertama kali.
Interface yang utama yang bisa ditemukan adalah inbox, outbox, dan sent yang memang terlihat cukup mungil. Nilai minus dari Emoze adalah tidak mendukung e-mail yang memiliki attachment. Baik saat menerima atau mengirim.
2. SEVEN
http://communitty.seven.com/main.php
berbeda dengan Emoze, aplikasi push e-mail serupa dengan nama seven belum begitu dikenal di Indonesia, untuk kalangan awam tentunya. Namun untuk kalangan “gadgeters”, tentu sangat mengenal aplikasi yang satu ini. Sebenarnya seven adalah aplikasi yang berbayar namun juga menyediakan apliaksi gratisanya yang dinamakan Seven Beta Program. Pada Seven Beta Program bisa didownload dengan bebas aplikasi push e-mail dengan berbagai kegunaan yang berbeda. Terdapat pilihan untuk Consumer Edition, Out of Effice, Workgroup Edition, dan Enterprise Edition. Sebagai awal, kita bisa mencoba Consumer Edition, dimana pilhannya sudah dapat digunakan untuk berbagai hal, khususnya jika hanya ingin menggunakan layanan push e-mail saja. Dengan Seven Consumer Edition, sudah bisa melakukan pengaturan berbagai e-mail, baik yang memiliki mail server sendiri ataupun fasilitas e-mail gratis seperti Gmail, Yahoo mail, dan Hotmail.
Sebelum menginstal aplikasi ini ke dalam PDA atau smartphone, pastikan sudah melakukan registrasi terlebih dahulu ke website resmi seven http://www.seven.com. Untuk menjamin aplikasi ini bisa digunakan pada device yang sedang digunakan.
Adapun beberapa sistem operasi yang sampai saat ini sudah didukung oleh Seven beta Program, yaitu :
a) Windows Mobile 6 Profesional dan Standard
b) Windows Mobile 5 Pocket PC
c) Windows Mobile 5 Smartphone
d) Symbian Series 60 v3 dan Symbian UIQ v3 devices.
e) Palm OS 5.x
f) Sony Ericsson J2ME devices
g) Nokia Series 40 J2ME devices.
Instalasi atau setting cukup mudah. Namun terlebih dahulu pastikan setting koneksi data GPRS pada device sudah ter-setting dengan baik dan berjalan dengan baik pula. Pada pilihan menu awal, akan dihadapkan pada pilihan menu pembuatan account e-mail, yaitu :
• Work untuk pemilihan corporate e-mail yang pasti memiliki mail server sendiri.
• Yahoo untuk pilihan e-mail Yahoo yang akan di push ke device yang kita gunakan.
• Gmail untuk pilihan account e-mail Gmail.
• AOL Mail untuk account e-mail.
• Hotmail
• Other POP, account e-mail di luar dari pilihan-pilihan tersebut, tentunya yang memiliki fitur POP.
• Other IMAP, account e-mail yang selain disebut diatas yang memiliki fitur IMAP.
Selanjutnya melukakan setting standard pengisian e-mail address dan password. Setelah mengikuti langkah-langkah yang diinstruksikan oleh aplikasi tersebut, secara otomatis jika data yang dimasukan dengan benar maka sudah bisa menggunakan fitur push e-mail dalam device.
Pada setting standard terinstal, fitur push e-mail belum sepenuhnya berjalan. Kita harus mengaktifkan secara manual dengan cara pilih salah satu account e-mail yang sudah aktif, kemudian pilih menu setting, lalu lanjutkan ke menu General. Pada menu ini, kita bisa melakukan setting push e-mail dengan cara pilih menu push dan ubah pilihan yang awalnya ter-setting Do not Push menjadi Real Time. Kemudian setelah itu scroll ke bawah dan men-setting jam berapa saja push e-mail dilakukan dan kapan berakhirnya. Setelah selesai, pilih Done dan kita sudah bisa menikmati fitur push e-mail layaknya device Blackberry.
Kelemahan dari aplikasi ini adalah baterai yang digunakan sangat boros, dan kemungkinan pembekakan penggunaan koneksi GPRS.
3. Ventus
http://www.ventusmobile.com/mobile/
banyak tentunya yang sudah mengenal aplikasi yang satu ini. Memang Ventus adalah nama layanan push mail yang dikenalkan oleh provider Telkomsel. Namun bila melihat sejarahlink-nya, ia adalah salah satu turunan dari Seven. Waktu pertama kali menemukan aplikasi ini atau lebih tepatnya situsnya, layanan ini seperti dikhususkan untuk pengguna Telkomsel dan berbayar tentunya. Namun setelah ditelusuri lebih jauh lagi dan mendapatkan aplikasi client Ventusnya yang juga didapatkan dari website ternyata aplikasi ini bisa digunakan untuk seluruh operator di Indonesia.
Aplikasi ini menghadirkan layanan push e-mail secara real time ke device. Baik pengiriman dan penerimaan berbentuk attachment didukung aplikasi ini. Namun jika sudah mengandung attachment, bersiap pulsa habis digunakan untuk koneksi GPRS.
Berbagai fitur yang dimiliki antara lain, receive, reply, dan forwarding termasuk attachment yang ada dalam e-mail tersebut. Sedangkan untuk fitur kalender, personal contact, dan corporate contact hanya tersedia untuk ventus dengan versi corporate.
Untuk e-mail yang didukung adalah email gratis seperti Yahoo mail, Gmail, dan email perusahaan yang memiliki mail server sendiri yang memiliki basis POP3 atau IMAP4. Ada juga server e-mail lain yang didukung, namun hanya untuk konsumsi Ventus Corporate saja seperti Microsoft Exchange 5.5, 2000, 2003, dan Lotus Domino 6.0 dan 6.5.
Untuk sistem operasi device-nya, sementara ventus gratis hanya mendukung Symbian, Symbian UIQ, Windows Mobile Pocket PC, dan Windows Mobile smartphone. Sedangkan untuk Ventus versi corporate sudah mendukung Windows Mobile 5.0.
Operator network yang didukung oleh Ventus adalah hampir selurh operator yang ada di Indonesia, bukan hanya Telkomsel. Asalkan untuk CDMA fitur PDN-nya harus diaktifkan dan untuk GSM fitur GPRSnya juga sudah diaktifkan.
Instalasi ventus sendiri sangat mudah untuk dilakukan. Setelah mendownload file .CAB yang sesuai dengan jenis device. Kemudian lakukan instalasi. Saat selesai instalasi, diharuskan langsung mengisi account e-mail yang ingin di push ke device yang diinginkan. Di sini kita bisa memilih anatar corporate email dan personal e-mail. Untuk pilihan personal email biasanya menggunakan account Gmail atau Yahoo mail. Di sini hanya perlu memasukkan email memasukkan email address dan password kita, selanjutnya Ventus akan secara otomatis mem-push e-mail tersebut ke device yang diinginkan.
Berbeda dengan corporate e-mail, di sini memerlukan setting terhadap e-mail kantor yang tentunya memiliki mail server sendiri. Langkah yang diperlukan memang agak panjang dan membutuhkan aktivasi sebelum bisa menggunakan fitur ini. Kekurangan aplikasi push email ini dalah memerlukan baterai yang banyak sehingga baterai lebih cepat dari biasanya.
COPYRIGHT by PC MEDIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar