Sabtu, 10 Oktober 2009

Tugas Teknologi Web

Tugas Pribadi Teknologi Web
ADHI CAHYANINGRAT
TIF V B
10751000148

Pertama mengenali pengertian tiap-tiap bagian diantaranya :
  1. URL (Uniform Resource Locator) adalah sistem pengalamatan suatu file/program yang digunakan di internet.
  2. Web browser adalah aplikasi atau perangkat lunak yang dijalankan pada computer client yang digunakan untuk mencari informasi yang diinginkan ( request ).
  3. HTTP ( HyperText Transfer Protokol ) :
  4. Web Server adalah sebuah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.
  5. TCP/IP ( Transmission Control Protokol ) adalah dua buah protokol yang dikembangkan oleh militer AS yang memungkinkan komputer pada jaringan dapat saling berhubungan. IP digunakan untuk memindahkan paket data antarsimpul. TCP dugunakan untuk memverifikasi pengiriman dari client ke server. TCP/IP adalah dasar internet dan dapat ditemukan pada semua system operasi modern, seperti Unix dan Windows.
  • Client : suatu user yang meminta (request) satu layanan tertentu ke suatu server
  • HTML ( Hypertext Markup Language ) bagian-bagian dari kerangka web.
  • Display : menampilkan
  • Request : Melakukan permintaan
  • Response : Membalas
Keterhubungan tiap-tiap komponen :

Pertama dimulai dari user ( pemakai ) mengetikkan alamat URL pada web browser. Misalnya mengetikan http://www.okezone.com pada web browser mozilla firefox. Namun Web browser tidak hanya itu berbagi macam lain misalnya : Google Chrome, internet Explorer, Safari, dan opera. Dari komputer client me-request ( permintaan ) yakni ingin membuka alamat web okezone.com dikirim melalui protocol jaringan yang disebut TCP/IP menuju web server. Pada web server okezone.com file-file yang diinginkan diambil pada web files. File-file yang di-request lalu dikirim ( response ) menuju computer client atau computer user yang menginginkan informasi dari okezone.com melalui protocol jaringan. Setelah file-file yang dikirim sampai menuju computer client. Maka Komputer menampilkan ( Display ) informasi-informasi yang diterima sehingga user dapat membaca pada layer monitor laptop maupun computer yang berbentuk dokumen HTML.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar