Selasa, 15 Mei 2012

Kisah Inspirasi : Cemilan khas Inggris: Scones!

ini adalah cerita dari Oleh Nooraini Indrana mengenai Kuliner Mahasiswa di Inggris. cerita yang perlu dibaca jika nanti kuliah di luar negeri.

Pertengahan bulan Juni lalu saya dan teman-teman mengunjungi Isle of Wight, sebuah pulau kecil di selatan Inggris. Rute yang kami ambil dari London melewati Portsmouth di mana kami naik feri. Perjalanan feri kami cukup cepat, hanya 45 menit sudah tiba di pelabuhan Fishbourne.
Di Isle of Wight inilah pertama kalinya saya mencicipi cemilan khas Inggris, yaitu scones, yang biasa disajikan dengan clotted cream, selai stroberi, teh hangat dan biskuit karamel. Walaupun di London tersedia banyak kafe yang menjual makanan ini, entah kenapa baru 3 tahun tinggal di Inggris saya baru menikmatinya.
Scones ini terbuat dari tepung terigu dan berbentuk bulat kecil seperti roti. Kami disajikan 2 jenis scones, yang berisi kismis dan yang tidak. Tekstur luarnya keras dan kasar namun bagian dalamnya sangat lembut dan gurih. Sebelum mencicipi, saya menyempatkan diri untuk mengambil foto, bisa teman-teman lihat di bawah ini.
Ketika mencermati teman saya bagaimana cara makan scones yang benar, ternyata roti tersebut kita iris menjadi 2, di oles clotted cream lalu selai stroberi yang langsung meleleh karena panas. Cocok sekali untuk udara Inggris yang dingin sejuk!
Clotted cream adalah krim kental yang dibuat dari susu sapi yang telah dipanaskan. Krim ini berasal dari daerah barat daya Inggris, Devon dan Cornwall. Ketika menyantap scones, krim ini digunakan sebagai pengganti mentega. Rasanya cukup ringan dan tidak magteg.
 
Selai stroberi cap 'Bonne Maman' sangat terkenal di Eropa karena kelezeatan rasanya, dan ternyata memiliki arti 'Nenek' dalam bahasa Perancis!

Seperti inilah scones saya nikmati - walaupun kecil namun cukup mengenyangkan!
Bagi teman-teman yang belum pernah mencicipi scones, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah kok! Menurut pengalaman teman-teman saya, tidak begitu sulit dan hanya memerlukan waktu kurang lebih 1 jam saja. Berikut ini resep scones yang saya kutip dari My Hidden Place, untuk cara membuatnya silahkan kunjungi situsnya.
Resep scones:
1 gelas (250 gr) self raising flour (tepung swa kembang)
1 sdt baking powder
3 sdm mentega
2 sdt gula pasir
½ gelas susu cair
1 bt telur ukuran sedang (60 gr)
Selamat menikmati :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar